Senin, 12 September 2011

Mamam yuk...

Udah lama ya ga update blog - ku ini... gara gara sibuk ama Elynn's Kitchen. Hehehehe....
Padahal dari kemaren banyak banget yang makanan yang udah dimasak and resep resep baru yang udah dicoba... nih, beberapa:


Yang ini "Bistik ala Mama" Hehehe... gara gara kangen, keinget Mama dulu suka masak bistik kayak gini. Daging sapi has dalam, pake telur rebus, buncis dan wortel rebus trus disiram sama 'gravy' yang khas dari bistik ini; terbuat dari kuah tomat, ditambah kecap manis dan susu... rasanya... nyammm nyammm...




Nah, kalo yang ini sebenernya menu lama yang dapat sentuhan baru. Hehehe...  waktu itu kepengen banget makan "LASAGNA" gara gara liat demo masaknya di AFC (Asian Food Channel). Tapi biasanya saya bikinnya pake saus putih yang ribeeettt banget buatnya. Waktu liat di AFC, chefnya pake ricotta cheese yang diaduk langsung pake keju cheddar parut dan parmesan... Hmm... kayaknya lebih enak dan nggak ribet. Udah gitu, tomato saucenya pake basil segar. Wih... tambah wangi and yummy!!! Begitu matang langsung disikat sama anggota keluarga dan.... ludesss..desss...dess... Habis emang enak sih... (^o^)




"Strawberry Cheesecake" yang satu ini berhasil menuai pujian dari suami tercinta karena eeeennnnaaakkk... Hahaha (#banggadiri). Tapi memang, cheesecake ini nggak sesuai resep asli, banyak yang saya modifikasi biar lebih pas rasanya. Contohnya: harusnya pake sour cream, tapi nggak saya pakein. Malah, saya tambah terigu supaya adonannya lebih 'kokoh'. Lalu gulanya dikurangi karena atasnya mau saya lapis dengan selai strawberry, biar ga kemanisan. Dan sentuhan terakhir: pake biskuit marie regal untuk basenya yang dicampur mentega cair yang agak banyak. Gurih dan manis berpadu menjadi satu... lezatnya nggak terkira...



Suatu saat di siang hari saya kepingin banget makan steak. Akhirnya saya turun ke dapur dan nguplek di sana sepanjang siang. Bikin "Pork Steak" yang 'sederhana' banget buat lunch saya dan Elynn - anak saya. Seperti judulnya, dagingnya tentu saja Pork alias daging Babi (yang saya pakai bagian Kapsim - gurih karena masih ada lemaknya tapi nggak berlemak banget) yang diseason so simple: garam dan lada hitam trus di grill sampai matang. Teman temannya saya pakai: kentang goreng ala wedges style (Sekali lagi hasil berilmu di AFC) yang cuman di-season pake garam dan lada hitam trus digoreng, salad sayuran (lettuce, tomato and onion dgn dressing lemon juice n garam n lada hitam). Untuk gravy-nya saya buat dari minyak bekas nge-grill daging tadi dicampur sedikit krim, salt n pepper, trus saya kasih jamur dan onion cincang. Wah, senangnya lihat Elynn lahap makannya.... katanya: "Mama, enyak..." (^_^) senangnya...



Nah, ini dia resep turun temurun dari Mama. "Kepiting Bumbu Rujak". Salah satu favorit keluarga nih. Ceritanya libur Lebaran kemarin kepengen banget masakin Papa kepiting ini. Suami juga mendukung karena sudah lama nggak makan masakan ini. Akhirnya belanja keperluannya di Farmer's Market. Kepiting jantannya besar-besar, sayangnya, yang betina telurnya sedikit. Agak kecewa sih beli yang betina. Tau gitu belinya jantan aja semua. Lebih banyak lagi dagingnya ... Anyway, masakan ini lebih enak kalo diinepin dulu, alias jangan langsung dimakan begitu matang. Diamkan aja dulu ... kita baru makan masakan ini malam harinya. Wih, bumbunya merasuk banget! Dijamin nambah.... Hehehe... cocok banget kan buat menu liburan???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar